SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMP NEGERI 1 BABAT TOMAN. WEBSITE INI DIBUAT SEBAGAI MEDIA INFORMASI TERKAIT DENGAN KEGIATAN SEKOLAH. SEMOGA BERMANFAAT.

Senin, 09 Januari 2023

Sosok Iqlima Nadilla Alumni SMPN 1 Babat Toman

 


Iqlima Nadilla Alumni SMP Negeri 1 Babat Toman dan merupakan siswi jurusan IPA dari angkatan ke-12 SMAN Sumatera Selatan. Ia lahir di Desa Lumpatan  2005 yang merupakan putri pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Bapak Sulaiman dan Ibu Sabena yang berdomisili di Kabupaten Musi Banyuasin.

Ia juga salah satu anggota Mantaray House yang akrab disapa dengan panggilan Iqlim atau Iqlima.

Walaupun berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi menengah ke bawah, tidak membuat seorang Iqlima menjadi pesimis untuk memiliki impian melanjutkan sekolah menengah atas dengan beasiswa penuh agar dapat meringankan ekonomi keluarga sekaligus menggapai segala impian dan cita-cita yang telah ia susun dan ia targetkan sejak di bangku SMP Negeri 1 Babat Toman.

Sosok Iqlima eks Ketua Umum Rohis SMPN 1 Babat Toman yang memiliki tekad kuat dalam menggapai apa yang ia inginkan pasti akan ia usahakan dengan memberikan yang terbaik di setiap kesempatan yang ada. Rekam jejak SD Iqlima merupakan siswi yang cukup berprestasi terutama di bidang akademik dibuktikan dengan pencapaian Juara 1 di kelas yang selalu ia pertahankan selama 6 tahun di Sekolah Dasar dan menjadi juara 2 di Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten tahun ajaran 2015/2016.

 Selain itu, di masa SMP Iqlima selalu meraih Juara 3 besar di kelasnya, saat kelas VII ia digabungkan pada kelas khusus (kelas ini dinamakan kelas unggulan) yang merupakan kumpulan siswa-siswi dari berbagai SD di kecamatan Babat Toman yang cerdas dan selalu mendapat juara semasa pendidikan SD di sekolah mereka masing-masing.

Selain prestasi di bidang akademik Iqlima juga memiliki prestasi bidang non-akademik seperti juara 1 lomba hafalan surah juz 30 dan tilawah Al-qur’an. Berkat prestasi akademik dan non-akademik inilah yang membuat dirinya mendapatkan beasiswa penuh di SMAN Sumatera Selatan.

 SMAN Sumatera Selatan sangat mendukung seorang Iqlima untuk mengukir prestasi dengan menyediakan fasilitas terbaik di sekolah. Salah satunya perpustakaan yang lengkap dengan menyediakan berbagai jenis buku dan referensi yang dapat mendukung Iqlima dalam membuat Project OCOI (One Class One Innovation) bidang literasi digital yaitu video.

Sehingga Iqlima bersama rekannya yakni Erika berhasil masuk top 3 besar. Iqlima aktif mengikuti kegiatan dan perlombaan di sekolah maupun luar sekolah sejak duduk di bangku kelas X hingga kelas XII. Prestasi tersebut meliputi Juara 1 OCOI bidang kuliner dengan mengembangkan inovasi produk terbaru yang terbuat dari daun kelor yang dinamakan STIDAKE (Stik Daun Kelor), juara 3 Karya Tulis Ilmiah Physcology fair tingkat Nasional, Juara 1 lomba Yel-yel Kadarkum (Keluarga Sadar Hukum) tingkat Kabupaten/Kota Sumatera Selatan, ia juga berhasil meraih beberapa prestasi olimpiade tingkat nasional seperti, medali perunggu pada olimpiade Bahasa Inggris oleh Indonesia Student News, medali perunggu olimpiade Geografi oleh FOKSI (Forum Pecinta Kompetisi Sain Indramayu), medali perak olimpiade Sejarah oleh Indonesian Student Training Center, dan medali perunggu olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI) oleh POSI.

Selain mengikuti berbagai perlombaan akademik maupun non-akademik, Hal ini tidak menyurutkan semangatnya untuk terus belajar demi menggapai nilai terbaik di raportnya. Waktu di kelas X ia meraih nilai tertinggi atau biasa disebut Top Achiever di angkatannya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKN, dan Art & Design dan pernah meraih juara 1 di kelasnya.

Menurut Iqlima, dalam mengembangkan kemampuan dengan meraih prestasi saja tidak cukup. Melainkan dirinya juga membutuhkan kemampuan dan pengalaman dalam  kepemimpinan dan kerja sama dalam tim layaknya dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu, ia juga aktif dalam dunia organisasi dalam sekolah maupun luar sekolah. Amanah yang di emban Iqlima

1.       Bendahara Umum ll di organisasi Fornusa (Forum Rohis Nusantara) kota Palembang 2021-2022,

2.      Anggota Koppetaham (Komunitas Pemuda Penggiat HAM) Sumatera Selatan divisi Publikasi dan Dokumentasi 2022-2023,

3.      Ketua Keputrian Romansa (Rohis SMAN Sumatera Selatan) 2021-2022,

4.      Miss House divisi Religious 2021-2022.

 

Pengalaman berorganisasi merupakan pelajaran berharga baginya karena dengan berorganisasi ia dapat memperluas relasi pertemanannya, melatih kepercayaan diri, bertukar pendapat, bekerja sama dalam menyukseskan suatu acara atau program, dan merupakan salah satu cara baginya untuk melatih jiwa sosialnya dengan individu lain.

Quotes yang selalu membuat Iqlima bersemangat menjalani segala aktivitas dengan jadwal padatnya adalah “Believe In Yourself, and Do Your Best” karena dengan percaya pada diri sendiri semuanya akan menjadi menakjubkan sesuai dengan seberapa besar usaha yang kita berikan pada kesempatan tersebut. So, selagi ada kesempatan maka manfaatkanlah kesempatan itu sebaik mungkin dan jangan pernah untuk menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Pesan saya adalah teruslah bersemangat dan mengukir prestasi sampai akhir hayat kalian. Manfaatkanlah waktu dan kesempatan kalian sebaik mungkin, karena waktu tidak dapat diputar ke belakang dan masa-masa SMP juga hanya datang satu kali jadi isilah catatan perjalanan kalian untuk kegiatan yang bermanfaat dan menjadi siswa-siswi yang produktif. Selain itu, belajarlah menjadi seorang pemimpin yang berintegritas, berkarakter, berwawasan global, religious, tangguh, respect satu sama lain, saling mengayomi, supportif, berani dalam keadaan apapun, serta pantang menyerah dan yang paling penting adalah hormati, sayangi, dan tanamkan memori di hati serta pikiran terhadap guru-guru yang telah membimbing, mengayomi, dan mendidik kalian karena sebetulnya mereka juga orang yang sangat berharga dalam hidup kalian. Adanya kehadiran mereka dalam kehidupan kalianlah yang akan membawa kalian menuju kesuksesan yang sesungguhnya.

Tetap semangat adik-adik and good luck for your dream!

 

0 komentar:

Posting Komentar